PEMASANGAN LAPTOP BESERTA GAMBARNYA

ASSALAMUALAIKUM WR.WB.

Kali ini saya akan memberikan petunjuk tentang bagaimana merakit laptop yang benar beserta gambar ilustrasi.dibawah ini sebagai berikut :

Yang terpenting dari merakit sebuah laptop adalah menentukan tujuan dari pembuatan si laptop tersebut. maksudnya adalah untuk menentukan spesifikasi untuk laptop tersebut.untuk office.ataupun kegiatan lainnya.

Hardware yang dibutuhkan sebagai berikut:
1.menentukan kerangka laptop
2.prosesor untuk laptop 
3.Ram (random access memory)
4.harddisk
5.GPU (Graphic processing unit)
6.drive optik
7.battery laptop

Tips memilih suatu hardware untuk laptop:

   
1.PROSESSOR
Pastikan anda membeli sebuah prosesor untuk laptop bukan untuk desktop.jadi pilihlah prosesor dengan konsumsi daya yang cukup hemat.sistem pendinginan yang bagus.dan clock speed yang sesuai dengan keinginan anda.

Ada dua produsen prosesor yaitu INTEL dan AMD.

2.KERANGKA LAPTOP
Pilihlah kerangka laptop yang sesuai dengan keinginan anda.kerangka laptop akan menentukan bagian komponen yang akan di terapkan di kerangka laptop tersebut.kerangka laptop dilengkapi dengan motherboard yang akan menentukan jenis memory yang akan digunakan laptop tersebut.

3.RAM
Berilah memori RAM yang cukup untuk laptop anda.ukuran standar Ram untuk laptop maupun pc adalah 4GB.dan tentukan tipe ram tersebut seperti ddr 1.ddr2.ddr3.atau ddr4 tipe terbaru.

4.HARDDISK
Pilihlah harddisk yang sesuai dengan kebutuhan anda.biasanya harddisk untuk laptop berukuran "2,5".dan ukuran "3,5" untuk desktop.minimal 500 GB ukuran standar untuk laptop maupun desktop.

5.GPU (GRAPHIC PROCESSING UNIT)
Pilihlah GPU yang sesuai dengan kebutuhan untuk laptop anda.misalnya untuk kegiatan gaming.editing ataupun gaming.biasanya untuk laptop gaming ataupun editing.itu memerlukan GPU yang cukup tinggi untuk melakukan hal tersebut dan penunjang utama sebagai penentu besarnya resolusi yang dihasilkan dari GPU tersebut.

6.DRIVE OPTIK
Pilihlah drive optik yang cocok untuk laptop anda.baik itu drive optik blu-ray  ataupun super multi.


Alat yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan laptop:
1.peralatan obeng dan sebagainya
2.baut-baut dan mur yang dibutuhkan
3.gelang statik untuk kemanan.

PROSES PEMASANGAN :
1..Siapkan hardware dan barang-barang yang dibuthkan untuk merakit laptop.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 8




2.Balikan posisi kerangka sehingga bagian atas menghadap kebawah dan bagian bawah menghadap ke atas.sehingga akan mudah memasang motherboard dan harddisk yang dipasang dibagian bawah kerangka.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 10




3.lepaskan penutup slot harddisk yang berukuran "2,5"yang akan dijadikan sebagai tempat hardisk tersebut.lokasinya tergantung pada kerangka laptop yang anda gunakan.tapi ya sudah jelas pasti dibagian bawah kerangka laptop.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 11




4.Masukan harddisk ke bracket untuk dipasangkan di solt harddisk.ada 4 sekrup yang digunakan untuk memasang harddisk.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 12



5.kebanyakan bracket akan sejajar dengan lubang sekrup.sehingga anda akan mudah untuk memasangnya.jadi anda tinggal menjajarkan bracket harddisk dengan lubang sekrup dilanjutkan dengan memasukan sekrup ke lubang tersebut kemudian dikencangkan sehingga bracket aman dan tidak mudah lepas.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 14



6.memasang drive optik.memasang drive optik bermacam-macam dan tergantung pada kerangka laptoptetapi biasanya dimasukan dari depan bukaan liku.dan di colokan konektor sata.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 14



7.lepas penutup motherboard.setelah terbuka.pasanglah memory RAM,biasanya slot untuk laptop disebut SO-DIMM.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 16



8.pasanglah cpuu atau yang biasa disebut prosessor ke socket prosessor.anda akan memerluka obeng khusus yang disebut flathead untuk mengubahnnya ke posisi terkunci.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 17



9.Pasanglah heatsink atau pendingin prosessor.dan sebelum memasang heatsink pada prosessor jangan lupa untuk mengoleskan thermal paste terlebih dahulu kepada prosessor agar suhu di porsessor tetap stabil disaat dipergunakan untuk waktu yang lama.

oleskan thermal paste keseluruh permukaan prosessor tapi bisa juga dibagian tengan saja jadi nanti otomatis dia akan menyebar sendiri ke permukaan prosessor.jangan lupa untuk mencolokan kabel daya heatsink ke motherboard.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 18




10.Terakhir tutuplah semua penutup komponen hardware yang ada dibawah bagian kerangka laptop kemudian kencangkan dengan sekrup.dan laptop anda sudah selesai.
Gambar berjudul Build a Laptop Computer Step 19










Terima kasih untuk WikiHow dan semoga postingan saya ini dapat menambah pengetahuan anda.see you in the next post.

Kredit gambar: WikiHow







PEMASANGAN LAPTOP BESERTA GAMBARNYA PEMASANGAN LAPTOP BESERTA GAMBARNYA Reviewed by Unknown on Monday, March 07, 2016 Rating: 5

No comments:

Tolong berikan komentar di postingan ini yaa

Powered by Blogger.