1 PLANET DENGAN 2 BINTANG !

TATOOINE IS REAL ! 







Siapa yang ingat tentang planet TATOOINE ?. planet fiksi di STAR WARS tempat tinggal luke skywalker si jedi. yaapz,Planet TATOOINE ini digambarkan memiliki DUA BINTANG di sistem tata suryanya.dan memiliki 2 senja ketika kedua matahari ini tenggelam wiiih indah yaa.TATOOINE ini buka hanya ada di Star Wars.tetapi ada juga Planet yang memiliki 2 bintang seperti Planet TATOOINE ini.penasaran dengan planet ini?Mari kita lanjut kebawah hehehe.


Baru-baru ini Wahana antariksa Kepler berhasil menumkan ExoPlanet(sebutan untuk planet di luar tata surya kita)yang di beri nama Kepler-453b.Planet Kepler-453b ini tampak mengitari 2 bintang yang berada di sistem tata suryanya.Kepler-453b ini memberi kejutan bagi para astronom.bagaimana tidak ?kemiringan orbit planet ini mengalami perubahan dengan cepat sehingga transit bisa dilihat oleh Wahana keler hanya 9%.merupakan sebuah keberuntungan bagi wahana Kepler ini yang bisa menemukan planet baru tersebut.

Hal menarik lainnya tentang si Kepler-453b ini,adalah ditemukannya planet ini berada di zona layak huni (Goldilock) Di sistem bintang ganda yang menjadi tempat orbit planet tersebut.berbeda dengan planet yang mengitari matahari tunggal seperti bumi.Zona layak huni dibintang ganda jauh lebih kompleks.tapi,sayangnya planet ini merupakan planet gas seperti halnya jupiter dan saturnus.planet kepler 453b ini tidak dapat mendukung adanya kehidupan.

ExoPlanet kepler-453b diperkirakan berukuran 6,2 kali bumi dengan massa 16 massa bumi dan butuh waktu sekitar 240 hari agar planet kepler-453b menyelesaikan perjalanannya mengitari kedua bintang induknya.

bintang induk dari si kepler-453b ini merupakan pasangan bintang ganda yang saling mengitari satu sama lainnya setiap 27 hari.bintang yang lebih besar dalam sistem ini merupakan bintang serupa dengan matahri yang massanya 94% massa sistem,sedangkan bintang yang lebih kecil hanya memiliki 20% massa.Keduanya berada pada jarak 1400 tahun cahaya di rasi lyra dan diperkirakan saat ini keduanya berusia antara 1-2 milliar tahun.jauh lebih muda dari Tata surya tempat kita tinggal.


cukup sekian info yang dapat mimin berikan.kalau ada kesalahan dalam pengetikan diatas A.K.A Typo,mohon dimaafkan karena mimin juga manusia yang tak luput dari kesalahan hehehe. sampai jumpa di postingan selanjutnyaa !

1 PLANET DENGAN 2 BINTANG ! 1 PLANET DENGAN 2 BINTANG ! Reviewed by Unknown on Sunday, December 13, 2015 Rating: 5

No comments:

Tolong berikan komentar di postingan ini yaa

Powered by Blogger.